Lezat Sehat Olahan Konnyaku

Senin, 30 Juli 2018 - 14:18 WIB
Lezat Sehat Olahan Konnyaku
Lezat Sehat Olahan Konnyaku
A A A
SELAMA ini nasi masih menjadi sumber karbohidrat utama, selain kebanyakan orang juga menggantinya dengan umbi-umbian, seperti kentang.

Namun, sekarang ada konnyaku, olahan sumber vitamin dan mineral seperti nasi dengan lebih banyak serat. Konnyaku merupakan makanan alami yang terdiri atas air (97%) dan glukomanan atau serat makanan (3%). Konnyaku kaya akan mineral dan rendah kalori. Konnyaku pun tidak mengandung lemak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konnyaku dapat membantu menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan. Konnyaku tidak dapat dicerna sistem pencernaan. Karena itu, konnyaku yang licin dan kenyal ini dapat berperan dalam membersihkan sisa-sisa makanan dalam usus besar sehingga kita tidak mudah mengalami sembelit.

Selain dapat membuat perut cepat kenyang, para ilmuwan baru-baru ini juga menemukan bahwa konnyaku dapat menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah darah tinggi, dan menormalkan kadar gula dalam darah. Penemuan ini yang kemudian membuat konnyaku dinobatkan sebagai makanan paling sehat di seluruh Jepang.

Nah, di Indonesia, salah satu restoran, yaitu Fit Lokal, membuat konnyaku menjadi menu utamanya dengan tiga variasi yang disajikan, yakni mi goreng, kwetiau, dan nasi goreng. Semuanya tanpa MSG dan berbahan shirataki konnyaku atau sejenis umbi-umbian yang berserat tinggi. Shirataki konnyaku merupakan salah satu bahan makanan bertekstur kenyal seperti agar-agar.

KORAN SINDO pun mencoba ketiga jenis menu konnyaku ini dengan tambahan pilihan daging dada ayam maupun sapi. Selain itu, ada pilihan bumbu dengan bawang putih, juga bumbu ebi bagi penyuka asin. Ada tekstur kenyal pada konnyaku, menggunakan minyak kanola paduan menu yang berpadu bumbu.

“Keunggulan menu di Restoran Fit Lokal tidak hanya dari sisi asupan nutrisi, tetapi citra rasa yang disajikannya juga tidak mengurangi rasa lidah Asia yang umumnya terbiasa dengan jenis aneka rempah yang ada di Indonesia,“ ungkap Bambang Reguna Bukit atau yang akrab disapa Bams, pemilik Restoran Fit Lokal. Untuk memesan makanan di sini, caranya dimulai dengan memilih bahan dasar konnyaku nasi, mi, atau kwetiau, lalu pilih topping proteinnya, ada dada ayam, daging sapi, atau vegetarian.

Kemudian, pilih aneka saus sesuai selera, ada saus original, ebi, sesame, dan garlic. Menyesuaikan lidah lokal masyarakat Indonesia yang suka pedas, di sini juga bisa dipilih level kepedasan pendamping lainnya, mulai snack seperti konnyaku bites, rice bowl keto diet, dan rice bowl sambal matah. Variasi saus baru dan menu tambahan biasanya dikeluarkan 2 atau 3 bulan sekali. Harganya menunya pun cukup terjangkau, mulai Rp17.000-Rp45.000.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5185 seconds (0.1#10.140)